Blogging adalah aktivitas
seseorang dalam mengelola dan membangun sebuah blog (aktivitas seorang
blogger). Blogger selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan blognya baik dari
isi maupun tampilan blog. Blogger selalu berusaha menyajikan konten yang
berkualitas agar blognya mendapatkan pengunjung yang banyak dan mendapat nilai
baik di mata orang/manusia maupun robot (seperti Googlebot).
Blogger itu adalah
orang/manusia yang mengelola Blog. Namun, ternyata tidak semua orang/manusia
yang mengelola Blog itu berhak mendapat gelaran "Blogger" atau pantas
disebut "Blogger". Mengapa..? Karena seorang Blogger itu harus
mencerminkan sikap Blogging yang baik. Caranya..? Caranya cukup patuhi aturan
dalam membangun Blog yang sehat, baik dan bermanfaat. Seperti, membuat artikel
yang tidak kurang dari 500 karakter, no plagiat (tidak copas artikel orang
secara ke seluruhan) dan lain sebagainya.
Ngeblog (istilah bahasa
Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui
eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat
(mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog
yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat
ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain
yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.
Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang
tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para
blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan
komentar
Beberapa blogger kini bahkan
telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program
periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau
afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau
problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas
ngeblog[butuh rujukan], karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa
dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini[butuh rujukan].
Berikut situs-situs penyedia
layanan blog gratisan baik dari dalam dan luar negeri :
1.
Blogger. Blogger merupakan situs penyedia layanan blog
gratis yang dibeli oleh Google. Blogger sangat populer dan banyak digunakan
oleh para pengguna internet di dunia, layanan blog yang berada di situs ini
sangat mudah untuk digunakan baik orang yang belum paham menggunakan Internet.
Blogger memang sangat cocok digunakan untuk menulis sebuah catatan pribadi atau
digunakan oleh jurnalis dalam menulis sebuah berita atau informasi dalam blog.
Kelebihannya sudah bisa dimonetise walaupun belum menggunakan domain sendiri.
2.
Wordpress.
Wordpress merupakan situs penyedia layanan blog gratis yang sangat populer dan
banyak digunakan, wordpress bisa digunakan untuk sebuah website. Wordpress di
bangun dengan sebuah bahasa pemrograman PHP dan berbasis data (database) MySQL.
Wordpress ini sangat cocok digunakan untuk sebuah website komersial atau juga
untuk sebuah website jual beli. Kelebihannya sangat cepat untuk digunakan dalam
hal SEO (Search Engine Optimization) tetapi kekurangannya belum bisa dimonetize
sebelum menggunakan domain sendiri.
3.
Weebly. Weebly merupakan situs penyedia layanan blog
gratis, situs ini memang belum terlalu dikenal banyak oleh pengguna internet,
karena populeran dengan Blogger dan Wordpress. Bahkan di Indonesia banyak
blogger yang menggunakan Weebly yang isinya penipuan.
4. Tumblr. Tumblr merupakan salah satu situs penyedia layanan blog gratis, situs ini sudah dikenal banyak orang namun tidak semuanya menggunakan tumblr dalam membuat sebuah blog. Tumblr ini juga sering digunakan sebagai situs mikroblog dan juga jejaring sosial. Sama dengan yang lainnya layanan blog ini memungkinkan untuk memposting sebuah infromasi baik berupa text ataupun multimedia.
4. Tumblr. Tumblr merupakan salah satu situs penyedia layanan blog gratis, situs ini sudah dikenal banyak orang namun tidak semuanya menggunakan tumblr dalam membuat sebuah blog. Tumblr ini juga sering digunakan sebagai situs mikroblog dan juga jejaring sosial. Sama dengan yang lainnya layanan blog ini memungkinkan untuk memposting sebuah infromasi baik berupa text ataupun multimedia.
5.
LiveJournal.
LiveJournal merupakan situs penyedia layanan blog gratis, situs ini tidak beda
jauh dengan layanan blog lainnya, LiveJournal juga bisa kita sebut sebagai
situs jejaring sosial. LiveJournal merupakan penyedia blog open source yang
bisa kita sebut sebagai blog gratis.
6.
Blogdetik.
Penyedia jasa blog gratis dari Indonesia ada Blogdetik. Situs penyedia blog
gratis ini dibawah bendera Detik.com situs media online pertama dan terbesar di
Indonesia. Kelebihan Blogdetik adalah sering ada event atau acara dengan hadiah
yang menarik dan bisa digunakan untuk monetize walaupun berbasis Wordpress.
7.
Kompasiana.
Penyedia jasa blog gratis dari Indonesia lainnya adalah Kompasiana. Kompasiana
merupakan anak perusahaan dari Kompas Gramedia. Kompasiana sering mengadakan
acara dan kopdar menarik bersama blogger Kompasiana yang disebut Kompasianer.
Kelebihan dari Kompasiana adalah banyaknya penulis dengan kualitas yang mumpuni
sehingga terkesan tulisan lebih berbobot. Kekurangannya blog kompasiana tidak
bisa dimonetise.
8.
Indonesiana.
Penyedia jasa blog gratisan terbaru dari Indonesia lainnya adalah Indonesiana
yang merupakan anak perusahaan dari Tempo. Blog ini digunakan untuk jurnalisme
warga dari seluruh Indonesia. Kekurangannya tidak bisa dimonetise.
B. Cara Membuat Blog di Blogspot atau
Blogger Gratis
1. Untuk cara
membuat blog di Blogspot gratis, silahkan menuju blogger.com dan login
menggunakan akun Google. Jika belum memiliki akun Google (akun Gmail), Setelah
anda mempunyai akun gmail atau akun google, silahkan kunjungi ” www.blogger.com ” dan kita akan melihat halaman login seperti
gambar berikut.
Halaman Login
2. Setelah
login kita akan menghadapi pilihan untuk menggunakan identitas, kita dapat
memilih profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot. Lebih di sarankan
memilih profil Google plus.
Memilih Profil
Langsung tekan tombol ” Lanjutkan
ke Blogger “.
3. Setelah itu
kita akan melihat halaman membuat blog di blogspot seperti gambar berikut.
Pada halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita
baru akan memulai dalam membuat blog maka kita belum melihat daftar blog
tersebut, untuk memulai membuat blog silahkan klik tombol ” Blog Baru
“.
Memulai Blog Baru
4.
Memberi Nama dan Alamat Blog
di Blogspot/blogger
Setelah kita
klik tombol ” Blog Baru ” kita akan melihat sebuah halaman
baru untuk memulai dengan menambahkan nama dan memilih nama domain. Untuk lebih
jelasnya silahkan perhatikan gambar membuat blog di blogspot berikut:
Halaman Membuat Blog
Keterangan
nomor pada gambar
- Nomor 1 adalah tempat kita untuk memberi judul atau nama blog
- Nomor 2 adalah tempat kita untuk memberi alamat blog kita
- Nomor 3 adalah tempat kita untuk memilih template blog kita, kita bisa merubah-nya nanti pada halaman template, jadi untuk sementara pilih saja yang standar
- Nomor 4 merupakan keterangan alamat blog yang kita ketik tersedia atau tidak, pastikan alamat blog tersedia.
- Nomor 5 adalah tombol untuk mengakhiri , tekan tombol ini jika anda sudah merasa puas dengan nama dan alamat yang anda pilih.
Memulai Post
5. Mengenal Dashboard di Blogspot/blogger
Sekarang blog kita sudah dibuat tetapi belum selesai sepenuhnya. Ada
beberapa pengaturan yang perlu kita lakukan pada blog yang baru dibuat, agar
membuat blog di Blogspot kita semakin SEO, seperti merubah template dan
menambah halaman. Sekarang kita berada di dashboard Blogspot di mana kita akan
melihat backend blog dan bisa pergi ke pengaturan dan membuat perubahan untuk
meningkatkan visibilitas blog. Berikut adalah screenshot dashboard beserta
penjelasan:
dashboard blogspot
Keterangan nomor pada gambar
·
Nomor 1 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika
ingin membuat blog baru
- Nomor 2 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat post baru
- Nomor 3 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin melihat blog secara live
- Nomor 4 merupakan daftar shortcut menuju pengaturan, post, dan lain-lain
- Nomor 5 merupakan area artikel dari blog yang kita ikuti atau follow
- Nomor 6 merupakan area identitas atau profil kita di google, dalam area ini kita bisa login dan logut.
6. Setelah kita
mengenal fungsi dari dashboard blogspot/blogger, silahkan anda klik menu “ Ikhtisar
” untuk melihat daftar menu dalam memulai membuat post, halaman, sampai
mengatur adsense pada blog kita.
Untuk
melihat tampilan blog yang sudah dibuat, silahkan klik tombol no 3 pada nomor
diatas, maka tampilan blog akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Perhatikan
bahwa template sudah sesuai dengan template yang telah dipilih sebelumnya.
Tampilan Blog Nyekrip
Bab II
Social Cyberspace
A.
Akar
dari social cyberspace
Asal kata dari Social
Cyberspace adalah Sejak berkembanganya teknologi informasi yang ditandai
perkembangan perangkat-perangkat pengolah informasi seperti komputer, maka
sistem jaringan komunikasi menjadi semacam infrastruktur bagi teknologi
informasi. Hubungan bisnis melalui komunikasi konvensional via telepon
misalnya, dirasakan sudah tidak lagi memenuhi kebutuhan dalam dunia perdagangan
global. Internet banyak digunakan. Bahkan tidak hanya informasi-informasi yang
sifatnya ekonomis, informasi sebagai entertainment juga menjadi bagian jaringan
komunikasi yang global ini.
Konvergensi antara
telekomunikasi dan informatika kemudian menghasilkan sebuah media baru yang
oleh penggunanya disebut-sebut sebagai cyberspace, suatu dunia maya yang
bergerak tanpa batas. Semua informasi yang merupakan hasil ekspresi pikiran dan
gagasan manusia tertuang di dalamnya. Seolah setiap orang dapat menuangkan
dengan bebas setiap ide dan gagasannya yang merupakan manifestasi dari prinsip
kebebasan mengemukakan pendapat.
Cyberspace berasal dari
bahasa Yunani, asal katanya adalah kubernan yang berarti ruang maya tanpa
batas, imajinatif dan dapat dihayati melalui perwujudan virtual. Cyberspace
merupakan ruang yang diwujudkan melalui (jaringan) computer, sifatnya digital
dan direpresentasikan dalam satuan bit. Implementasi Cyberspace Dalam Kehidupan
Perkembangan cyberspace
telah mempengaruhi kehidupan sosial pada berbagai tingkatannya. Keberadaan
cyberspace tidak saja telah menciptakan perubahan sosial yang sangat mendasar.
Pengaruh cyberspace terhadap kehidupan sosial setidaknya tampak pada tiga
tingkat : individu, antarindividu, dan komunitas.
Pada tingkat individu,
cyberspace menciptakan perubahan mendasar dalam pemahaman kita tentang diri dan
identitas. Struktur cyberspace membuka ruang yang lebar bagi setiap orang untuk
secara artifisial menciptakan konsep tentang diri dan identitas. Kekacauan
identitas akan mempengaruhi persepsi, pikiran, personalitas, dan gaya hidup
setiap orang. Bila setiap orang bisa menjadi siapapun, sama artinya semua orang
bisa menjadi beberapa orang yang berbeda pada saat yang sama. Pada akhirnya yang ada dalam cyberspace
adalah permainan identitas: identitas baru, identitas palsu, identitas ganda,
identitas jamak.
Tingkat interaksi
antarindividu, hakikat cyberspace sebagai sebagai dunia yang terbentuk oleh
jaringan (web) dan hubungan (connection) bukan oleh materi. Kesalingterhubungan
dan kesalingbergantungan secara virtual merupakan ciri dari cyberspace. Karena
hubungan, relasi, dan interaksi sosial di dalam cyberspace bukanlah antarfisik
dalam sebuah wilayah atau teritorial, yaitu interaksi sosial yang tidak dilakukan dalam sebuah
teritorial yang nyata.
Pada tingkat komunitas,
cyberspace dapat menciptakan satu model komunitas demokratis dan terbuka.
Karena komunitas virtual dibangun bukan di dalam teritorial yang konkret, maka
persoalan didalamnya adalah persoalan normatif, pengaturan, dan kontrol. Dalam
komunitas virtual cyberspace, pemimpin, aturan main, kontrol sosial tersebut
tidak berbentuk lembaga, sehingga keberadaannya sangat lemah. Jadi, di
dalamnya, seakan-akan “apa pun boleh”.
Contoh Social Cyberspace
1. Facebook
Studi Compete.com bulan Januari 2009
menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan
menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly
menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar,
"Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang
tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum
Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta
pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April
2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski
begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan
hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011
2. Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang
dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial
berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca
pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140
karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat
secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
3. Google Plus
Google+ atau Google Plus adalah jejaring
sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011
dengan sistem undangan untuk diuji coba.Di hari tersebut, pengguna Google+
diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun,
ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin
membeludak.
B. Visi dari social cyberspace
Tujan cyberspace adalah sebagai sebuah
infrastruktur dan jaringan ,cyberspace telah menunjang efektifitas dan
efisiensi operasional terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi,
serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Informasi
pada cyberspace umumnya disebarkan melalui suatu halaman website yang dibuat
dengan format bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Languange).
Kesimpulan
A.
Manfaat
Komunikasi Virtual
Memecahkan persoalan
materialisme dan konsumenisme. Lewat komunikasi virtual kita dapat mengetahui
semua yang ada di dunia ini. Bila membutuhkan sebuah bacaan tidak perlu membeli
surat kabar tapi cukup browsing internet.
Mengurangi konflik
sosial, ekonomi dan politik. Bila didunia nyata, interaksi individu sering
memunculkan konflik sedangkan pada dunia maya munculnya konflik sangat sedikit
sekali.
Memecahkan persoalan
kebebasan dan demokrasi. Cyberspace menjadi sebuah public sphere yang ideal dan
tidak ditemukan dalam kehidupan nyata.
Dampak Komunikasi Virtual
·
Cyberspace menjadi penyalur hasrat seks,
kejahatan, kedangkalan, sadism
·
Cyberspon, menjadi persoalan masa depa karena
cyberspace tanpa identitas
·
Cyberspace menjadi ajang kebrutalan semiotic
·
Penggunaan internet yang berlebihan akan
menjadikan seseorang menjadi over, dan jika berlanjut akan menjadi hyper.
BLOGGING
Reviewed by Unknown
on
01.17
Rating:
The casino is coming back online in 2022 - KLUB
BalasHapusThe casino is 남양주 출장샵 coming back online in 2022. The casino 이천 출장마사지 is coming back online 속초 출장안마 in 2022. The 화성 출장마사지 casino is 강원도 출장샵 coming back online in 2022. The casino is coming back