SOCIAL CYBER SPACE






A.   SOSIAL CYBERSPACE

1.    Sosial Cyberspace saat ini
Cyberspace (dunia maya) adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung).

Dunia maya ini merupakan integrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, kontroler) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasielektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara
interaktif.
Perkembangan teknologi informasi telah menciptakan sebuah “ruang baru” yang bersifat artifisial dan maya, yaitu cyberspace.Ruang baru ini telah mengalihkan berbagai aktivitas manusia (politik, sosial, ekonomi, kultural, spiritual, bahkan seaksual) dari dunia nyata ke dunia maya yang dikenal dengan dunia tanpa batas.Sehingga apapun yang dapat dilakukan di dunia nyata, kini dapat juga dilakukan dalam bentuk artifisialnya dalam cyberspace.
Sebuah migrasi besar-besaran kehidupan manusia tampaknya tengah berlangsung, yaitu migrasi dari jagat nyata ke jagat maya dari kehidupan di ruang nyata menuju kehidupan di ruang maya. Migrasi kemanusiaan ini telah menimbulkan perubahan besar dalam cara setiap orang menjalani dan memaknai kehidupan. Cyberspace menciptakan sebuah kehidupan yang mungkin nantinya sebagian besar akan dibangun seluruhnya oleh model kehidupan yang dimediasi secara mendasar oleh teknologi, sehingga berbagai fungsi alam kini diambil alih oleh subtitusi teknologisnya, yang disebut kehidupan artifisial.
Realitas-realitas sosial budaya yang ada di dunia nyata kini mendapatkan tandingan-tandingannya.Pada akhirnya, batas antara keduanyamenjadi kian kabur.Cyberspace yang terbentuk oleh jaringan komputer dan informasi yang terhubungkan secara global telah menawarkan bentuk-bentuk komunitasnya sendiri (virtual community), bentuk realitasnya (virtual reality), dan bentuk “ruang” nya sendiri (cyeberspace).
Cyberspace berasal dari bahasa Yunani, asal katanya adalah kubernan yang berarti ruang maya tanpa batas, imajinatif dan dapat dihayati melalui perwujudan virtual.Cyberspace merupakan ruang yang diwujudkan melalui (jaringan) computer, sifatnya digital dan direpresentasikan dalam satuan bit.
Perkembangan cyberspace telah mempengaruhi kehidupan sosial pada berbagai tingkatannya.Keberadaan cyberspace tidak saja telah menciptakan perubahan sosial yang sangat mendasar. Pengaruh cyberspace terhadap kehidupan sosial setidaknya tampak pada tiga tingkat : individu, antarindividu, dan komunitas.
Pada tingkat individu, cyberspace menciptakan perubahan mendasar dalam pemahaman kita tentang diri dan identitas.Struktur cyberspace membuka ruang yang lebar bagi setiap orang untuk secara artifisial menciptakan konsep tentang diri dan identitas. Kekacauan identitas akan mempengaruhi persepsi, pikiran, personalitas, dan gaya hidup setiap orang. Bila setiap orang bisa menjadi siapapun, sama artinya semua orang bisa menjadi beberapa orang yang berbeda pada saat yang sama. Pada akhirnya yang ada dalam cyberspace adalah permainan identitas: identitas baru, identitas palsu, identitas ganda, identitas jamak.
Tingkat interaksi antarindividu, hakikat cyberspace sebagai sebagai dunia yang terbentuk oleh jaringan (web) dan hubungan (connection) bukan oleh materi.Kesalingterhubungan dan kesalingbergantungan secara virtual merupakan ciri dari cyberspace.Karena hubungan, relasi, dan interaksi sosial di dalam cyberspace bukanlah antarfisik dalam sebuah wilayah atau teritorial, yaitu interaksi sosial yang tidak dilakukan dalam sebuah teritorial yang nyata.
Pada tingkat komunitas, cyberspace dapat menciptakan satu model komunitas demokratis dan terbuka. Karena komunitas virtual dibangun bukan di dalam teritorial yang konkret, maka persoalan didalamnya adalah persoalan normatif, pengaturan, dan kontrol.Dalam komunitas virtual cyberspace, pemimpin, aturan main, kontrol sosial tersebut tidak berbentuk lembaga, sehingga keberadaannya sangat lemah. Jadi, di dalamnya, seakan-akan “apa pun boleh”
2.    Kelebihan Dan Kekurangan Cyberspace
Cyberspace yang selama ini kita kenal dengan sebutan internet.Cyberspace itu sendiri merupakan wadah untuk banyak orang berkomunikasi secara vitual, oleh karena itu komunikasi yang terjadi di cyberspace disebut sebagai komunikasi virtual.Komunikasi virtual memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan.Kelebihan dari cyberspace itu sendiri membuat dunia ini menjadi sebuah ruang yang tanpa batas. Dengan menggunakan komunikasi virtual para pelaku komunikasi ini tidak mengenal akan batas geografis dan perbedaan ruang dan waktu karena semua kendala seperti yang terdapat pada komunikasi klasik ini dapat teratasi. Kita dapat bertemu dan berkomunikasi dengan semua orang dipenjuru dunia di dalam cyberspace. Keunggulan dari komunikasi virtual dibandingkan alat komunikasi lainnya adalah tingkat kecepatan dan keefisienannnya, ia bisa menyiarkan pesan dan informasi yang dibutuhkan oleh users secara langsung. Internet juga sangat efektif sebagai alat berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus, apabila kita menggunakan telepon selular maksimal kita melakukan teleconference dengan 3 hingga 10 orang. Namun di cyberspace kiat bisa berkomunikasi dan ber-teleconference dengan 1000 orang atau bahkan lebih dalam 1 waktu dan 1 ruang yaitu cyberspace.
Namun cyberspace juga memiliki sejumlah keterbatasan atau kekurangan diantaranya sifat dari komunikasi yang terjadi di cyberspace itu sendiri bersifat luas. Sehingga membuat proximity (kedekatan) antar users terasa kurang. Sangat berbeda dengan pangguna telepon yang pasti sudah saling mengenal satu sama lain. Cyberspace juga acap kali digunakan sebagai wadah untuk cybercrime, seperti ancaman, penipuan, bahkan pelecehan seksual dan para pelaku cybercrime lebih susah untuk ditemukan. Karena belum ada cyberlaw yang cukup kuat untuk membasmi cybercrime. Keterbatasan lain dari cyberspace adalah terkadang memuat beberapa orang terjebak dalam dunia maya tersebut, mereka menomor-duakan kehidupan nyatanya. Karena ia merasa dia lebih merasakan kehidupan seperti apa yang ia inginkan di cyberspace.

3.    Aspek Teknologi, Social Dan Institusi Yang Mempengaruhi    Social Cyberspace.
Dengan berkembangnya teknologi internet maka orang orang dalam melakukan aktivitasnya telah terbantu dengan internet dan teknologi dan untuk kebutuhan bersosialisasi mereka lebih senang dengan memilih sosial cyberspace yang praktis.

Social dan Institusi 
Kebutuhan sosial yang tinggi untuk saling berintegrasi telah membuat sosial cyberspace menjadi pilihan.





B.   Jaringan sosial dan jaringan sosial online

1.    Pengertian jaringan sosial
Jaringan sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi.Jaringan ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.

Jaringan sosial adalah sebuah struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik.Jaringan sosial bisa diartikan sebagai sarana pemersatu antara individu satu dengan individu yang lain sehingga menjadi sebuah sosial yang saling berkaitan (berinteraksi) satu sama lain.
Jaringan sosial dipandang sebagai suatu hubungan sosial yang biasa dikatakan sebagai sebuah simpul dan ikatan. Simpul adalah individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar individu tersebut dengan individu lain. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji.Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Gambar diatas  menjelaskan tentang kemampuan jaringan sosial dalam kehiudupan manusia. Bisa dilihat dengan jelas oleh kita semua bahwa jaringan sosial mampu membuat manusia saling berhubungan walaupun jarak jauh dan menghasilkan sebuah sosial sehingga manusia dapat mengenal satu sama lain.

Kumpulan dari individu disebut dengan komunitas. Komunitas ini terbentuk karena kebiasaan individu berinteraksi dengan individu lain kemudian muncul sebuah kumpulan individu yang saling berinteraksi.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari jaringan sosial.Manfaat nyatanya dalam kehidupan sehari-hari yaitu mempunyai banyak teman akrab. Manusia disebut sebagai makhluk sosial, sebutan ini dikemukakan karena manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia memerlukan bantuan dari orang lain. Untuk itu, manusia perlu bersosialisasi sehingga dibuatlah sebuah jaringan sosial untuk mendukung kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

2.    Pengertian jaringan sosial online
Jaringan sosial online adalah suatu jaringan sosial yang menggunakan segala jenis media atau sarana komunikasi yang tersaji secara online melalui koneksi internet, seperti email, website, blog, media sosial, jaringan sosial, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Line.

3.    Manfaat Jaringan Sosial
Jaringan sosial mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak. Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime.Mudahnya interaksi yang diciptakan bisa menjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain.
Manfaat Jaringan Sosial:
o   Menjadikan Orang Lebih Percaya Diri
Sebuah penelitian di Inggris membuktikan. Para pengguna jaringansosial  memiliki tingkat kepercaya diri yang lebih tinggi daripada yang tidak. Karena mereka sering mengupload foto-foto yang bergitu narsis dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

o   Mempermudah Komunikasi
jaringan sosial merupakan tempat untuk berkomunikasi. Tapi berkomunikasinya lewat sebuah media yang bernama internet.

o   Mempermudah Menyampaikan Informasi
Kemungkinan Masa Depan adalah Masa yang serba Online dan serba internet. Maka dari itu untuk mempermudah menyampaikan informasi kita bisa menyampaikannya dari jaringan sosial, karena jaringan sosial memiliki trafik kunjungan yang besar.

o   Bisa Mendapatkan Uang dari Bisnis Online
Dengan jaringan sosial kita juga bisa mendapatkan uang.Misalnya, anda memiliki Twitter yang difollow oleh 100 orang. Saya sarankan anda itu harus menguangkan Twitter anda dengan cara menjadi publisher di revtwt. Karena revtwt akan membayar per klik dari link yang anda promosikan dari tweet anda.

o   Bisa Mempelajari Bahasa Asing
Jaringan Sosial umumnya bersifat internasional dan Bahasa Internasional itu adalah Bahasa Inggris. Dengan menggunakan jaringan sosial itu kita secara tidak langsung akan mempelajari bahasa asing.

o   Bisa Berekspresi Sebebas-bebasnya
Maksudnya kita itu memiliki  hak dan kewajiban untuk menyampaikan pendapat. Tapi menyampaikan pendapat secara sopan dan berekspresi dengan sopan dan bertanggung jawab.Misalnya, kita membagikan link di akun twitter kita.Tapi link tersebut isinya tentang ilmu pendidikan / hal yang bermanfaat.

o   Social network juga dapat bermanfaat di segi pendidikan.
Jika kita menggunakan social network dengan bijak, dan dengan kegiatan-kegiatanpositif makapenggunaan social network itu sendiri dapat dioptimalkan manfaatnya yaitu  dapat mempercepat atau membantu proses belajar- mengajar dengan cara forum diskusi formal dengan tutor.


4.    Dampak Positif dan Negatif Jaringan Sosial
Dampak Positif/Kelebihan Jaringan Sosial
Keberadaan situs jaringan sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksidengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biayayang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon.Selain itu, dengan adanya situs jaringan sosial, penyebaran informasidapat berlangsung secara cepat.Kita pun bisa langsung bertatap muka lewat aplikasi-aplikasi jaringan sosial yang ada sekarang ini.Komunikasi antar orang antar Negara dan antar benua sudah dipermudah dengan adanya jaringan sosial.




Dampak Negatif/Kelemahan Jaringan Sosial
Kemunculan situs jaringan sosial ini menyebabkan interaksiinterpersonalsecara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jaringan sosial karena lebih praktis.. Di lain pihak, kemunculan situs jaringan sosial ini membuat anak muda ketagihan untukmengakses internet.Dalam kadar yangberlebihan, situs jaringan sosial ini secara tidak langsung membawa dampaknegatif, seperti kecanduan yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.Situs jaringan sosial juga dapat digunakan sebagai sarana prasarana untuk melakukan cyber-crime atau kejahatan dunia maya, Jaringan sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat merencanakan kegiatan yang negatif,tempat melakukan penipuan secara online,maupun tempat penipuan yang berujung penculikan.

5.    Macam-mcam situs jaringan sosial di internet
Facebook
Facebook adalah sebuah situs jaringan sosial yang dipakai manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain dengan jarak jauh. Facebook merupakan salah satu layanan jaringan sosial yang sangat popular di kehidupan masyarakat di dunia saat ini.Jaringan sosial ini mampu membuat orang berinteraksi atau berkomunikasi kepada orang lain walaupun jaraknya jauh. Facebook dibuat untuk mempermudah kehidupan manusia khususnya untuk berkomunikasi dengan orang lain lewat dunia yang tidak nyata (maya).
Saat ini, perkembangan Facebook sangat pesat.Jaringan sosial ini sangat populer karena penggunaannya yang terhitung mudah dan sangat efisien.Alhasil, banyak orang yang menggunakan jaringan sosial ini.Facebook digunakan hampir semua orang di muka bumi ini.Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua pun menggunakan jejarin`g sosial ini.Selain itu, Facebook dapat digunakan untuk ajang kampanya partai politik untuk promosi.
Facebook sampai saat ini masih menjadi situs jaringan sosial yang masih difaforitkan masyarakat.Dalam jaringan sosial ini bisa ditemukan berbagai macam manfaat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Anda dapat mengakses jaringan sosial ini dengan mudah cukup masuk saja ke website www.facebook.com .Facebook saat ini tidak hanya bisa dinikmati melalui computer atau laptop.Namun Facebook sekarang sudah bisa dinikmati dengan menggunakan telepon genggam.Jadi penggunaannya untuk saat ini bisa dibilang sangat efisian dan dapat dimanfaatkan dimana saja dan kapan saja.Cukup dengan menggunakan telepon genggam yang mempunyai sambungan internet, Facebook dapat dinikmati masyarakat.

Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter,inc dan merupakan salah satu layanan jaringan sosial dan microblog daring yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirim,menerima dan membaca pesan berbasis teks yang jumlah karakternya mencapai 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter adalah salah satu jaringan sosial yang banyak diminati oleh penduduk dunia. Sebagian besar penduduk dunia menganggap bahwa twitter adalah salah satu jaringan sosial yang mudah digunakan dan efisien. Maka dari itu, pengguna Twitter dari tahun ke tahun selalu meningkat drastis.
Twitter berisi informasi yang akan Anda anggap berharga. Pesan dari pengguna yang Anda pilih untuk Anda ikuti akan muncul di beranda Anda untuk Anda baca. Saat ini, isu-isu hangat yang biasa dibicarakan di media masa semua berawal dari twitter.Orang-orang beramai-ramai membahas isu tersebut senhingga menjadi sebuah trending topic.

Instagram
Instagram merupakan salah satu jaringan sosial populer saat ini.Instagram adalah suatu jaringan sosial yang di dalamnya fokus kepada berbagi foto penggunanya.Nama instagram terdiri dari dua kata yaitu "insta" dan "gram".Insta berasal dari kata instan, yang dapat diartikan dengan kemudahan dalam mengambil dan melihat foto. Gram berasal dari kata telegram, yang dapat diartikan dengan mengirimkan sesuatu(foto) kepada orang lain.
Instagram saat ini sangat dininati oleh pengguna smartphone karena mereka bisa saling berbagi foto satu sama lain. Disamping itu, setiap penggunanya dapat saling berkomentar foto yang sudah di bagikan.Jadi, Instagram dapat mengubungkan orang-orang yang belum dikenal.Jaringan sosial ini sangat populer terutama di kalangan para remaja zaman sekarang.Bagi mereka Instagram merupakan sebuah aplikasi yang wajib dimiliki bagi para pengguna smartphone.
Untuk menggunakan jaringan sosial ini, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah Anda mengunduh, hal utama yang perlu Anda lakukan yaitu membuat akun baru dengan cara mendaftarkan diri Anda dengan e-mail yang Anda punya.
Pengguna jaringan sosial ini biasanya menggunakan android.Hal ini dikarenakan, Instagram sendiri hanya bisa diinstal untuk unit yang operasi sistemnya (OS) android.Jadi, bagi para pengguna baru tidak bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.Hal ini, mengakibatkan tersendatnya perkembangan Instagram terutama penggunanya.

Google +
Google+ adalah layanan jejaring sosial yang paling anyar dari Google.Setelah gagal dengan jejaring sosial atau layanan yang dulu pernah dirilis seperti Orkut, Google Wave dan Google Buzz akhirnya Google mampu berbangga hati. Layanan terbaru dari Google ini meskipun masih versi beta, namun sudah banyak teman-teman saya yang tak sabar ingin menjajal fiturapa saja yang ada di dalamnya.
Google + (Plus.red) ternyata sudah mampu menyedot perhatian banyak orang dan termasuk saya. Menurut para pakar IT, Google + merupakan pesaing kuat bagi Facebook, bahkan Google sendiri sepertinya merasa bahwa Google + tidak lama lagi akan menggulingkan Facebook.



C.   Penutup
Kesimpulan
Jaringan sosial adalah wadah dimana kita dapat bertemu dengan orang lain yang berbeda tempat, meskipun kita berada pada tempat yang berjarak sangat jauh sekalipun.Jaringan sosial sangat diminati saat ini, ternyata juga merupakan suatu tantangan bagi kita karena membawa beberapa dampak negatif yang disebabkan oleh penyalahgunaan jaringan sosial. Pemanfaatan jaringan sosial ke arah yang negatif akan berdampak buruk bagi masyarakat. Karena itu kita harus waspada agar tidak menjadi penyalahguna ataupun korban dari jaringan sosial.


Saran
Berbahaya atau tidaknya situs jaringan sosial itu tergantung pada bagaimana kita mewaspadai hal - hal yang tidak diinginkan itu agar tidak terjadi.Oleh karena itu, sebaiknya para orang tua lebih mengawasi anak - anaknya ketika mereka sudah mulai berjaringan lewat dunia maya, peran pemerintah dan lembaga pendidikan juga penting disini, yakni memberikan penyuluhan tentang bahaya berjaringan di dunia maya. Dengan begitu mereka secara perlahan akan mengerti dan bisa bertindak waspada ketika mereka sedang bermain atau berjaringan di dunia maya dan secara tidak langsung tindakan tersebut dapat mengurangi kasus - kasus yang ada akibat situs jaringan sosial.

SOCIAL CYBER SPACE SOCIAL CYBER SPACE Reviewed by Unknown on 11.19 Rating: 5

Tidak ada komentar: