BLOGGING

A.  
Blogging
Blogging adalah aktivitas seseorang dalam mengelola dan membangun sebuah blog (aktivitas seorang blogger). Blogger selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan blognya baik dari isi maupun tampilan blog. Blogger selalu berusaha menyajikan konten yang berkualitas agar blognya mendapatkan pengunjung yang banyak dan mendapat nilai baik di mata orang/manusia maupun robot (seperti Googlebot).
Blogger itu adalah orang/manusia yang mengelola Blog. Namun, ternyata tidak semua orang/manusia yang mengelola Blog itu berhak mendapat gelaran "Blogger" atau pantas disebut "Blogger". Mengapa..? Karena seorang Blogger itu harus mencerminkan sikap Blogging yang baik. Caranya..? Caranya cukup patuhi aturan dalam membangun Blog yang sehat, baik dan bermanfaat. Seperti, membuat artikel yang tidak kurang dari 500 karakter, no plagiat (tidak copas artikel orang secara ke seluruhan) dan lain sebagainya.
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog[butuh rujukan], karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini[butuh rujukan].
Berikut situs-situs penyedia layanan blog gratisan baik dari dalam dan luar negeri :
1.    Blogger.  Blogger merupakan situs penyedia layanan blog gratis yang dibeli oleh Google. Blogger sangat populer dan banyak digunakan oleh para pengguna internet di dunia, layanan blog yang berada di situs ini sangat mudah untuk digunakan baik orang yang belum paham menggunakan Internet. Blogger memang sangat cocok digunakan untuk menulis sebuah catatan pribadi atau digunakan oleh jurnalis dalam menulis sebuah berita atau informasi dalam blog. Kelebihannya sudah bisa dimonetise walaupun belum menggunakan domain sendiri.
2.    Wordpress. Wordpress merupakan situs penyedia layanan blog gratis yang sangat populer dan banyak digunakan, wordpress bisa digunakan untuk sebuah website. Wordpress di bangun dengan sebuah bahasa pemrograman PHP dan berbasis data (database) MySQL. Wordpress ini sangat cocok digunakan untuk sebuah website komersial atau juga untuk sebuah website jual beli. Kelebihannya sangat cepat untuk digunakan dalam hal SEO (Search Engine Optimization) tetapi kekurangannya belum bisa dimonetize sebelum menggunakan domain sendiri.
3.    Weebly.  Weebly merupakan situs penyedia layanan blog gratis, situs ini memang belum terlalu dikenal banyak oleh pengguna internet, karena populeran dengan Blogger dan Wordpress. Bahkan di Indonesia banyak blogger yang menggunakan Weebly yang isinya penipuan. 
4.    Tumblr. Tumblr merupakan salah satu situs penyedia layanan blog gratis, situs ini sudah dikenal banyak orang namun tidak semuanya menggunakan tumblr dalam membuat sebuah blog. Tumblr ini juga sering digunakan sebagai situs mikroblog dan juga jejaring sosial. Sama dengan yang lainnya layanan blog ini memungkinkan untuk memposting sebuah infromasi baik berupa text ataupun multimedia.
5.    LiveJournal. LiveJournal merupakan situs penyedia layanan blog gratis, situs ini tidak beda jauh dengan layanan blog lainnya, LiveJournal juga bisa kita sebut sebagai situs jejaring sosial. LiveJournal merupakan penyedia blog open source yang bisa kita sebut sebagai blog gratis.
6.    Blogdetik. Penyedia jasa blog gratis dari Indonesia ada Blogdetik. Situs penyedia blog gratis ini dibawah bendera Detik.com situs media online pertama dan terbesar di Indonesia. Kelebihan Blogdetik adalah sering ada event atau acara dengan hadiah yang menarik dan bisa digunakan untuk monetize walaupun berbasis Wordpress.
7.    Kompasiana. Penyedia jasa blog gratis dari Indonesia lainnya adalah Kompasiana. Kompasiana merupakan anak perusahaan dari Kompas Gramedia. Kompasiana sering mengadakan acara dan kopdar menarik bersama blogger Kompasiana yang disebut Kompasianer. Kelebihan dari Kompasiana adalah banyaknya penulis dengan kualitas yang mumpuni sehingga terkesan tulisan lebih berbobot. Kekurangannya blog kompasiana tidak bisa dimonetise.
8.    Indonesiana. Penyedia jasa blog gratisan terbaru dari Indonesia lainnya adalah Indonesiana yang merupakan anak perusahaan dari Tempo. Blog ini digunakan untuk jurnalisme warga dari seluruh Indonesia. Kekurangannya tidak bisa dimonetise.
                                                                           
B.   Cara Membuat Blog di Blogspot atau Blogger Gratis
1.    Untuk cara membuat blog di Blogspot gratis, silahkan menuju blogger.com dan login menggunakan akun Google. Jika belum memiliki akun Google (akun Gmail), Setelah anda mempunyai akun gmail atau akun google, silahkan kunjungi ” www.blogger.com ” dan kita akan melihat halaman login seperti gambar berikut.
cara_membuat_blog_di_halaman_login_blogger_nyekrip
Halaman Login
2.    Setelah login kita akan menghadapi pilihan untuk menggunakan identitas, kita dapat memilih profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot. Lebih di sarankan memilih profil Google plus.
Memilih Profil
Langsung tekan tombol ” Lanjutkan ke Blogger “.
3.    Setelah itu kita akan melihat halaman membuat blog di blogspot seperti gambar berikut. Pada halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita baru akan memulai dalam membuat blog maka kita belum melihat daftar blog tersebut, untuk memulai membuat blog silahkan klik tombol ” Blog Baru “.
cara_membuat_blog_di_blogspot_memulai_membuat_blog_nyekrip
Memulai Blog Baru
4.    Memberi Nama dan Alamat Blog di Blogspot/blogger
Setelah kita klik tombol ” Blog Baru ” kita akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai dengan menambahkan nama dan memilih nama domain. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar membuat blog di blogspot berikut:
cara_membuat_blog_di_blogspot_memilih_nama_blog
Halaman Membuat Blog
Keterangan nomor pada gambar
  • Nomor 1 adalah tempat kita untuk memberi judul atau nama blog
  • Nomor 2 adalah tempat kita untuk memberi alamat blog kita
  • Nomor 3 adalah tempat kita untuk memilih template blog kita, kita bisa merubah-nya nanti pada halaman template, jadi untuk sementara pilih saja yang standar
  • Nomor 4 merupakan keterangan alamat blog yang kita ketik tersedia atau tidak, pastikan alamat blog tersedia.
  • Nomor 5 adalah tombol untuk mengakhiri , tekan tombol ini jika anda sudah merasa puas dengan nama dan alamat yang anda pilih.
cara_membuat_blog_di_blogspot_memulai_posting_nyekrip
Memulai Post
5.    Mengenal Dashboard di Blogspot/blogger
Sekarang blog kita sudah dibuat tetapi belum selesai sepenuhnya. Ada beberapa pengaturan yang perlu kita lakukan pada blog yang baru dibuat, agar membuat blog di Blogspot kita semakin SEO, seperti merubah template dan menambah halaman. Sekarang kita berada di dashboard Blogspot di mana kita akan melihat backend blog dan bisa pergi ke pengaturan dan membuat perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog. Berikut adalah screenshot dashboard beserta penjelasan:
cara_membuat_blog_di_blogspot_dashboard_lengkap_blogspot_nyekrip
dashboard blogspot
Keterangan nomor pada gambar
·         Nomor 1 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat blog baru
  • Nomor 2 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat post baru
  • Nomor 3 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin melihat blog secara live
  • Nomor 4 merupakan daftar shortcut menuju pengaturan, post, dan lain-lain
  • Nomor 5 merupakan area artikel dari blog yang kita ikuti atau follow
  • Nomor 6 merupakan area identitas atau profil kita di google, dalam area ini kita bisa login dan logut.
6.    Setelah kita mengenal fungsi dari dashboard blogspot/blogger, silahkan anda klik menu “ Ikhtisar ” untuk melihat daftar menu dalam memulai membuat post, halaman, sampai mengatur adsense pada blog kita.
Untuk melihat tampilan blog yang sudah dibuat, silahkan klik tombol no 3 pada nomor diatas, maka tampilan blog akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Perhatikan bahwa template sudah sesuai dengan template yang telah dipilih sebelumnya.
Tampilan_Blog_Cara_Membuat_Blog_di_Blogspot_Lengkap_Gambar_-_Nyekrip
Tampilan Blog Nyekrip
Bab II
Social Cyberspace
A.   Akar dari social cyberspace
cara_membuat_blog_di_memlilih_identitas_profil_nyekripAsal kata dari Social Cyberspace adalah Sejak berkembanganya teknologi informasi yang ditandai perkembangan perangkat-perangkat pengolah informasi seperti komputer, maka sistem jaringan komunikasi menjadi semacam infrastruktur bagi teknologi informasi. Hubungan bisnis melalui komunikasi konvensional via telepon misalnya, dirasakan sudah tidak lagi memenuhi kebutuhan dalam dunia perdagangan global. Internet banyak digunakan. Bahkan tidak hanya informasi-informasi yang sifatnya ekonomis, informasi sebagai entertainment juga menjadi bagian jaringan komunikasi yang global ini.
Konvergensi antara telekomunikasi dan informatika kemudian menghasilkan sebuah media baru yang oleh penggunanya disebut-sebut sebagai cyberspace, suatu dunia maya yang bergerak tanpa batas. Semua informasi yang merupakan hasil ekspresi pikiran dan gagasan manusia tertuang di dalamnya. Seolah setiap orang dapat menuangkan dengan bebas setiap ide dan gagasannya yang merupakan manifestasi dari prinsip kebebasan mengemukakan pendapat.
Cyberspace berasal dari bahasa Yunani, asal katanya adalah kubernan yang berarti ruang maya tanpa batas, imajinatif dan dapat dihayati melalui perwujudan virtual. Cyberspace merupakan ruang yang diwujudkan melalui (jaringan) computer, sifatnya digital dan direpresentasikan dalam satuan bit. Implementasi Cyberspace Dalam Kehidupan
Perkembangan cyberspace telah mempengaruhi kehidupan sosial pada berbagai tingkatannya. Keberadaan cyberspace tidak saja telah menciptakan perubahan sosial yang sangat mendasar. Pengaruh cyberspace terhadap kehidupan sosial setidaknya tampak pada tiga tingkat : individu, antarindividu, dan komunitas.
Pada tingkat individu, cyberspace menciptakan perubahan mendasar dalam pemahaman kita tentang diri dan identitas. Struktur cyberspace membuka ruang yang lebar bagi setiap orang untuk secara artifisial menciptakan konsep tentang diri dan identitas. Kekacauan identitas akan mempengaruhi persepsi, pikiran, personalitas, dan gaya hidup setiap orang. Bila setiap orang bisa menjadi siapapun, sama artinya semua orang bisa menjadi beberapa orang yang berbeda pada saat yang sama.  Pada akhirnya yang ada dalam cyberspace adalah permainan identitas: identitas baru, identitas palsu, identitas ganda, identitas jamak.
Tingkat interaksi antarindividu, hakikat cyberspace sebagai sebagai dunia yang terbentuk oleh jaringan (web) dan hubungan (connection) bukan oleh materi. Kesalingterhubungan dan kesalingbergantungan secara virtual merupakan ciri dari cyberspace. Karena hubungan, relasi, dan interaksi sosial di dalam cyberspace bukanlah antarfisik dalam sebuah wilayah atau teritorial, yaitu interaksi  sosial yang tidak dilakukan dalam sebuah teritorial yang nyata.
Pada tingkat komunitas, cyberspace dapat menciptakan satu model komunitas demokratis dan terbuka. Karena komunitas virtual dibangun bukan di dalam teritorial yang konkret, maka persoalan didalamnya adalah persoalan normatif, pengaturan, dan kontrol. Dalam komunitas virtual cyberspace, pemimpin, aturan main, kontrol sosial tersebut tidak berbentuk lembaga, sehingga keberadaannya sangat lemah. Jadi, di dalamnya, seakan-akan “apa pun boleh”.
Contoh Social Cyberspace
1.    Facebook
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011

2.    Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
3.     Google Plus
Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba.Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.
B.   Visi dari social cyberspace
Tujan cyberspace adalah sebagai sebuah infrastruktur dan jaringan ,cyberspace telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Informasi pada cyberspace umumnya disebarkan melalui suatu halaman website yang dibuat dengan format bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Languange).



Kesimpulan
A.   Manfaat Komunikasi Virtual
Memecahkan persoalan materialisme dan konsumenisme. Lewat komunikasi virtual kita dapat mengetahui semua yang ada di dunia ini. Bila membutuhkan sebuah bacaan tidak perlu membeli surat kabar tapi cukup browsing internet.
Mengurangi konflik sosial, ekonomi dan politik. Bila didunia nyata, interaksi individu sering memunculkan konflik sedangkan pada dunia maya munculnya konflik sangat sedikit sekali.
Memecahkan persoalan kebebasan dan demokrasi. Cyberspace menjadi sebuah public sphere yang ideal dan tidak ditemukan dalam kehidupan nyata.
Dampak Komunikasi Virtual
·         Cyberspace menjadi penyalur hasrat seks, kejahatan, kedangkalan, sadism
·         Cyberspon, menjadi persoalan masa depa karena cyberspace tanpa identitas
·         Cyberspace menjadi ajang kebrutalan semiotic
·         Penggunaan internet yang berlebihan akan menjadikan seseorang menjadi over, dan jika berlanjut akan menjadi hyper.
BLOGGING BLOGGING Reviewed by Unknown on 01.17 Rating: 5

1 komentar:

  1. The casino is coming back online in 2022 - KLUB
    The casino is 남양주 출장샵 coming back online in 2022. The casino 이천 출장마사지 is coming back online 속초 출장안마 in 2022. The 화성 출장마사지 casino is 강원도 출장샵 coming back online in 2022. The casino is coming back

    BalasHapus